Industri Kreatif

Pengertian Industri Kreatif

Industri kreatif adalah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang dapat menghasilkan sebuah karya tanpa mengeksploitasi sumber daya alam, serta dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan.

Kreatifitas yang dihasilkan harus dapat membuka lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, industri ini harus dikembangkan sebagai salah satu penopang perekonomian khususnya di Indonesia, mengingat semakin menipisnya sumber daya alam.

Jenis-Jenis Industri Kreatif

  • Arsitektur
  • Periklanan
  • Film/Fotografi/Video
  • Musik
  • Penerbitan dan Percetakkan
  • Pasar Seni dan Budaya
  • Kerajinan
  • Fashion
  • Desain
  • Permainan Interaktif
  • Web Desain
  • Seni Pertunjukkan
  • Riset dan Pengembangan

Jenis-jenis ini masuk ke dalam industri kreatif karena tumbuhnya industri ini didukung oleh kreativitas dan ide yang dihasilkannya. Seseorang bisa menghasilkan ide yang menjadi karya yang bisa menghasilkan ide yang menjadi karya yang menghasilkan uang

Manfaat Industri Kreatif

  1. Bisa menjadi tulang punggung perekonomian negara. Hal ini karena industri kreatif tidak sepenuhnya bergantung kepada alam
  2. Menumbuhkan kreativitas dan inovasi produk dari masing-masing pelaku bisnis, khususnya negara Indonesia yang memiliki banyak tenaga di usia produktif. Dengan demikian, memungkinkan untuk menciptakan ide-ide baru di kalangan mereka.
  3. Industri Kreatif menjadi alternatif lain perkembangan industri saat ini.
  4. Pemerintah mengeluarkan kebijakan agar industri kreatif bisa tetap tumbuh dan berkembang mengingat dampak yang diberikan terhadap tegaknya perekonomian Indonesia

Contoh Industri Kreatif

  1. Perfilman
  2. Video
  3. Kuliner
  4. Fashion
  5. Riset dan Pengembangan
  6. Youtuber
  7. Selebgram
  8. Musik
  9. Berdagang makanan kekinian
  10. Thrift shop

Kebijakan Pemerintah

  1. Mengintegrasikan Aset dan Potensi, Kebijakan pemerintah pertama kali adalah mengintegrasikan aset dan potensi
  2. Mendorong inovasi dan kreativitas
  3. Membentuk Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif)
  4. Meregulasi dan Mendukung Kreativitas Masyarakt

Isu Industri Kreatif

  1. Sumber Daya Manusia yang berkualitas
  2. Pengetahuan Kewirausahaan
  3. Literasi Digital
  4. Akses Permodalan
  5. Ketidakmampuan dalam memenuhi permintaan pasar
  6. Kesadaran UMKM dalam pengembangan riset dan penelitian
  7. Regulasi yang sulit, khususnya ekspor
  8. Bias dalam menentukkan kreator yang baik.
  9. Kurangnya apresiasi terhadap konten2 kreator di Industri Kreatif

Data Industri Kreatif

Kenapa memilih Industri Kreatif ?

Industri Kreatif adalah salah satu industri yang membantu masyarakat khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Ini karena Industri Kreatif mempunyai banyak ide dan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, beberapa industri kreatif tidak mengharuskan kita untuk mempunyai tempat usaha atau modal yang terlalu besar. Ini karena yang terpenting adalah niat dan usaha kita untuk menyukseskan industri tersebut. Untuk jenis-jenis industrinya bisa sebagai konten kreator di youtube, tiktok, ataupun instagram. Kontennya sendiri bisa berbagai macam seperti edukasi, hiburan, social experiment, review, dan lain-lain.

Bila industri lainnnya sangat bergantung pada besarnya kuantitas faktor-faktor produksi yaitu sumber daya alam dan manusia, maka industri kreatif lebih membutuhkan soft skill atau kualitas sumber daya manusia yang memiliki ide-ide inovatif, kreativitas, dan talenta yang belum pernah diciptakan sebelumnya. Industri kreatif juga umumnya tidak memerlukan sumber daya manusia yang banyak karena bisa dijalankan secara individu atau berkelompok. Karena itulah peminat dari industri kreatif ini sangatlah banyak dan memiliki persaingan yang ketat. Ini juga bergantung pada kreativitas, inovasi dan kepekaan individu atau kelompok terhadap perubahan dalam melihat perkembangan dunia.

Kita tahu bahwa sekarang ini khususnya di masa pandemi, secara tidak langsung banyak orang yang menggunakan media sosial ataupun berpikir kreatif untuk mencari uang atau lapangan pekerjaan. Untuk itu, industri kreatif dapat menjadi salah satu solusi untuk masyarakat yang ingin mencari uang tanpa menggunakan modal yang besar di media sosial khususnya. Membuat ide jasa pengantar makanan yang bisa membantu masyarakat di masa pandemi, membantu masyarakat untuk mendeteksi covid-19, dan ide-ide lainnya.

Referensi :

https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-industri-kreatif/

https://majoo.id/solusi/detail/industri-kreatif

https://www.linovhr.com/industri-kreatif/

https://www.tribunnews.com/bisnis/2019/11/08/ini-empat-permasalahan-utama-industri-kreatif-di-indonesia

https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/suara-para-kreator-seputar-industri-kreatif-di-indonesia

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4343309/wishnutama-ungkap-4-alasan-industri-kreatif-sulit-berkembang-di-tengah-pandemi

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.